Senin, 05 Maret 2012

Menjadi Seperti Orang Lain



Bacaan : Lukas 6:36-38
Nats       : 
“Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” (ayat 38)
KJ            : 
424:1-2
Banyak orang suka menilai orang lain, mencari-cari dan mengritik kekurangan, kelemahan dan kesalahan orang lain. Sikap seperti ini akan mudah membawa kita kepada perbuatan menghakimi dan menghukum orang lain. Orang yang seperti ini tidak disukai oleh orang lain, tidak disukai oleh Tuhan. Bahkan orang seperti ini bisa mendapat banyak musuh.
Ada 3 alasan mengapa Tuhan Yesus melarang kita menghakimi dan menghukum orang lain. Satu,sebenarnya kita tidak pernah tahu kepribadian dan kekuatan orang lain dengan secara penuh. Dua, hampir tidak ada orang yang menilai orang lain secara jujur dan obyektif. Orang menilai orang lain dengan ukuran dirinya sendiri, bukan menurut ukuran orang lain itu. Tiga, tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang pasti punya kelemahan, kekurangan dan kesalahan sendiri-sendiri.
Kalau kita suka menilai rendah dan salah orang lain menurut ukuran kita, maka kita pun akan dinilai dan dihakimi menurut ukuran orang lain dan menurut ukuran Tuhan. Jika kita tidak bisa dan tidak mau memahami keadaan orang lain, orang lain juga tidak akan suka memahami keadaan kita.
Tentu kita ingin orang lain mau memahami keadaan kita, lebih melihat kebaikan dan kelebihan kita dari pada kelemahan dan kesalahan kita. Ya, ‘kan? Karena itu, berusalah untuk lebih suka melihat kebaikan dan kelebihan orang lain, bukan keburukan dan kesalahannya! Jadilah pribadi seperti orang lain yang anda kehendaki! Dengan sikap seperti ini, kita akan bisa menjadi murah hati seperti Bapa sorgawi, bisa mengampuni orang lain sehingga Bapa sorgawi juga akan dengan kasih sayang mengampuni kita.
“Dengan memahami kita dipahami; dengan mengampuni kita diampuni; dengan memberi kita diberi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar