Kamis, 27 Juni 2013

Gangguan Firman Tuhan

Bacaan: Kis. 13: 1-12.    
Pujian: 
KJ 37
Nats : “Sekarang, lihatlah, tangan Tuhan datang menimpa engkau, dan engkau menjadi buta, beberapa hari lamanya engkau tidak dapat melihat matahari.” Dan seketika itu juga orang itu merasa diliputi kabut dan gelap, dan sambil meraba-raba ia harus mencari orang untuk menuntun dia.” (Ay. 11)
Pernahkah para pembaca ketika dalam sebuah pelayanan seperti ada seseorang yang demikian benci melihat hal-hal yang kita lakukan? Sekali pun apa yang kita lakukan itu sama sekali tidak melanggar aturan-aturan yang  telah ditetapkan, seolah-olah dia seperti berusaha menghalangi setiap hal yang akan kita bangun dalam sebuah pelayanan yang harmonis.
Dalam bacaan kita hari ini, dalam karya pekabaran Injilnya, Paulus mengalami gangguan dari seorang tukang sihir yang namanya disebut Elimas (ayat 8). Gubernur Sergius Paulus ingin mendengarkan Firman Tuhan yang hendak disampaikan oleh Paulus. Tetapi tukang sihir itu berusaha menghalangi dan membelokkannya. Paulus yang saat itu dipenuhi oleh Roh Kudus mampu membuat tukang sihir itu menjadi buta dan tak berdaya lagi kekuatannya.
Kalau kita sudah tahu bagaimana Tuhan bisa menunjukkan begitu besar kuasa pertolonganNya, melalui kuasa Roh KudusNya, pasti kita tidak akan lagi berkecil hati untuk memberitakan Firman Tuhan dan mewujudkan karya kuasaNya dalam kehidupan kita sehari-hari. “Ada kuasa dalam darahNya, darah domba Allah….ada kuasa dalam darahNya, darah anak domba Allah.” Ini adalah salah satu bait pujian yang sering saya nyanyikan  ketika saya masih jadi murid sekolah minggu.
Dalam menyaksikan firman, kasih, karya dan kuasa Tuhan melalui pekerjaan dan kegiatan kita sehari-hari, mungkin kita juga kadang-kadang mengalami gangguan. Gangguan itu mungkin memang bukan dari tukang sihir. Tetapi bisa datang dari rekan kerja, orang yang berbeda keyakinan dengan kita, atau bahkan dari anggota keluarga kita sendiri. Sikap yang sebaiknya kita ambil adalah tetap menegakkan kebenaran dan menyerahkan mereka ke tangan Tuhan. (HB)
“Jangan takut dengan gangguan, sebab di dalamnya kuasa Tuhan dinyatakan.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar