Rabu, 21 Agustus 2013

Bersatu Kita Teguh

Bacaan: Filipi 2:1-11. 
Pujian: 
KJ no.249
Nats : “… hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan” (ayat 2b)
“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.” Pepatah lama tersebut tidak akan pernah usang dimakan jaman. Sejak jaman perjuangan, leluhur kita menyadari betul bahwa hanya dengan bersatu maka kita dapat mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Dalam hal ini, mereka memiliki visi dan tujuan yang sama, yaitu Indonesia yang merdeka.
Kesatuan visi dan tujuan rupanya tak luput dari perhatian Paulus. Dalam suratnya kepada Timotius dan jemaat di Filipi, ia menekankan betapa pentingnya persatuan Jemaat. Memang bukanlah hal yang mudah untuk dapat menyatukan hati, pikiran, kasih, jiwa dan tujuan pada saat yang bersamaan. Namun demi kesatuan Jemaat maka tiap-tiap orang harus belajar untuk rendah hati, menghargai orang lain dan belajar untuk melihat kepentingan yang lebih besar dibandingkan dengan kepentingan pribadi.
Bayangkan saja, bagaimana jadinya sebuah bangsa atau Jemaat yang setiap pribadi yang ada di dalamnya masing-masing memiliki visi, tujuan dan kepentingan yang berbeda dan berupaya sedemikian rupa agar dirinya dianggap lebih baik dibanding orang lain? Saya yakin bahwa bangsa atau Jemaat tersebut akan segera berada di ambang kehancuran.
Paulus mengingatkan, untuk memulai menjadi pribadi-pribadi yang dapat sehati sepikir, dalam satu kasih, jiwa dan tujuan. Untuk itu kita harus meneladani sikap Kristus yang telah mengosongkan diriNya dan mengambil rupa seorang hamba. Ini berarti bahwa sikap hidup yang penuh kerendahan hati dan tidak mementingkan diri sendiri serta saling melayani menjadi dasar yang mendasari diri kita untuk dapat sehati sepikir dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan. Apabila kita mau berupaya melakukan itu semua, baik sebagai komponen bangsa ataupun jemaat, maka artinya kita sudah mengarah ke arah yang tepat. Amin. [DK]
Hal tersulit dalam kehidupan ini bukanlah untuk melampaui orang lain, tetapi melampaui ego dan diri kita sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar