Senin, 09 Maret 2015

Dibenarkan Karena Iman

Bacaan: Roma 4 : 1 – 12   |   Pujian: KJ 254
Nats: 
“Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” (ayat 3)
Di jaman sekarang ini tidaklah mudah mempercayai janji orang lain. Karena begitu mudahnya orang mengucapkan janji dan sekaligus mudah juga mengingkarinya. Janji-janji yang diucapkan sering dipakai untuk mendapatkan sesuatu untuk diri sendiri. Sesudah mendapatkan apa yang diharapkan dari janji itu, begitu cepat dia lupa akan janjinya. Tidaklah demikian dengan Allah dan segala janjiNya.
Abaraham dipanggil Allah untuk pergi ke negeri yang ditunjuk oleh Allah. Allah berjanji akan memberikan negeri tersebut kepada keturunan Abraham. Di samping itu Allah telah menyatakan janjiNya yang agung bahwa di dalam Abraham segala bangsa di bumi ini akan diberkati (Kej. 12: 3). Itulah janji Allah yang dipercaya oleh Abraham pasti akan dipenuhi. Keyakinan inilah yang menunjukkan betapa besar iman Abraham yang dibenarkan oleh Allah.
Bacaan hari ini menyatakan bahwa Abraham telah dipilih oleh Allah sebagai orang yang diperkenanNya. Allah berkenan karena perwujudan iman Abraham yang teguh, mematuhi kehendak Allah sehingga Allah menjanjikan berkatNya kepada keturunannya. Paulus, dalam suratnya ini, menjelaskan bahwa yang menandai seseorang sebagai keturunan Abraham bukan hubungan darah, melainkan orang-orang yang meneladani perwujudan iman Abraham dengan mematuhi Firman Tuhan dan bersandar pada kasihNya. Abraham menjadi bapak rohani semua orang percaya. Jaminan terakhir akan kebenaran janji Allah kita dapatkan dalam diri Yesus Kristus, dimana kebenarannya disampaikanNya melalui kematianNya di kayu salib. Bahwa pendamaian, pembebasan dan pembenaran di dalam Allah yang kita miliki mempunyai harga yang sama dengan kehidupan dan kematian Yesus Kristus.
Sudahkah kita menerima janji Allah? Baik secara sadar maupun tidak sadar kita telah merasakan perwujudan janji-janji Allah dalam keselamatan dan kasihNya yang luar biasa dalam kehidupan kita dalam berkat jasmani maupun rohani yang dapat kita nikmati. Dengan keyakinan, kepercayaan, ketaatan dan iman kepada Tuhan Yesus Kristus, kita akan dibenarkan dan diberkati seperti Abraham yang telah dibenarkan Allah. [Sri]
 Setiap orang yang mau percaya kepadaNya akan memperoleh pembenaran Allah.”

http://www.gkjw.web.id/dibenarkan-karena-iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar