Rabu, 01 April 2015

Kalung Salib



Bacaan: Filipi 4: 1-9   |   Nyanyian: KJ 376
Nats: “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (ayat 8-9)

Dulu sebelum pak Mario Teguh menunaikan ibadah haji dan ditampilkan di televisi, tidak banyak yang tahu kalau dia itu orang Muslim. Bahkan saya sempat menanyakan pada temen saya yang Muslim dan sudah haji “Pak Mario Teguh itu sampean tahu nggak agamanya apa?” Temen saya langsung menjawab “…wah saya nggak tahu. Tapi gayanya ngomong kayaknya seperti Pendeta, kayaknya dia orang Kristen,” itu jawaban temen saya. Jadi ternyata banyak orang yang mengira dia itu orang kristen, termasuk orang-orang Muslim sendiri.
Tapi celakanya banyak orang Kristen, pakai kalung salib yang besar, gaya bicara dan kelakuanya gak “ngristeni” sama sekali (bahasanya orang GKJW). Malah terkesan nyebeli, kalau orang Gresik bilang “mbencikno pol”. Kalau ngomong mesti ngeyel, kalau janji gak ditepati, kalau mencari kesalahan orang lain paling cerdas, dan susah sekali menghargai hasil kerja orang lain, yah… komplit…lah.
Harusnya sebagai orang kristen ayat di atas bisa di jadikan pegangan. Kenapa Pak MT banyak yang menyangka kalau dia orang Kristen? Ya memang bicaranya, tingkah lakunya sangat “ngristeni”. Kalau kita ingin dikenal sebagai orang Kristen mestinya Filipi 4: 8-9 bisa kita implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mestinya yang kita pikirkan, kita katakan dan kita perbuat adalah “semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji.”
Sudahlah.., sekalipun kita tidak memakai kalung atau giwang yang berbentuk salib, bahkan di rumah kita tidak pernah ada pohon Natal, orang tetap akan tahu kalau kita ini orang Kristen. Gak usah risau kalau banyak orang membicarakan kita, orang Kristen kok gak ada simbolnya sama sekali gak pakai tanda salib, gak pernah pasang pohon natal? “Yo uwis ben.” [HB]
“Pohon dikenal dari buahnya, Kristen dikenal dari perilakunya.”
http://www.gkjw.web.id/kalung-salib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar