Jumat, 21 Maret 2014

Tanda Imanuel



Bacaan : Yesaya 7 : 1 – 14
Pujian : KJ 369a
Nats : “Sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan ia akan menamakan Dia Imanuel” [ayat 14b]
Dalam perjanjian lama ada banyak nubuat-nubuat yang digenapi di dalam Yesus Kristus. Seperti nubuat Yesaya tentang apa yang akan terjadi pada waktu akan datang yaitu tanda Imanuel yang akan datang ke bumi.
Dalam bacaan kita digambarkan suatu nubuat dimana Tuhan memberi suatu tanda yang dapat dibuktikan sejarah yaitu “Sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan ia akan menamakan Dia Imanuel” yang artinya “Allah menyertai kita”. Perempuan muda itulah yang memberi nama Imanuel yang tidak lain adalah Yesus Kristus. Di dalam Yesus Kristus itulah Allah beserta kita, jadi makna tanda Imanuel:
  1. Untuk meneguhkan dan menggenapi janji dan peringatan Tuhan.
  2. Suatu tanda yang akan memberi kehidupan besar dan penghiburan sebagai tunas yang tumbuh.
  3. Sebagai titik pandang dalam seluruh sejarah keselamatan, yang memberikan prespektif Mesianis yang sangat penting.
Adalah suatu anugerah yang sangat besar bahwa Allah yang maha tinggi dan maha suci berkenan selalu menyertai kita. Itu berarti Dia selalu dekat dengan kita, di mana kita berada, kemanapun kita pergi dan  bagaimanapun keberadaan kita. Hanya sedikit orang berpangkat tinggi dan bersih secara fisik mau sering-sering dekat dengan orang rendahan dan kotor.
PenyertaanNya dengan kita bukan dengan maksud untuk mengawasi kita, bukan untuk menghitung-hitung kesalahan-kesalahan dan dosa yang kita perbuat. PenyertaanNya adalah untuk memastikan kita selalu bisa mengalami syalom (damai sejahtera), sebab Dia juga adalah Raja Damai. PenyertaanNya mengartikan kesediaanNya untuk menolong kita setiap saat.
Mari kita selalu menyadari bahwa Dia menyertai kita setiap saat perjalanan hidup kita. Mari selalu mensyukuri penyertaanNya dengan selalu menghormati dan mentaatiNya. [Sri]
Kesadaran akan penyertaanNya menentramkan jiwa dan mendorong sikap untuk taat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar