Kamis, 05 September 2013

Totalitas

Bacaan : 1 Korintus 6 : 12-20.
Pujian : KJ 364
Nats : “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (ayat 20)
Apa yang akan kita lakukan, seandainya suatu hari ada seorang pejabat yang menyatakan akan berkunjung ke gereja kita. Mungkin kita akan turut serta mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kehadiran tamu penting itu. Dari acara penyambutan sampai ketersediaan sarana prasarana tentu akan kita tata semaksimal mungkin. Semuanya dipersiapkan agar tidak mengecewakan tamu yang akan hadir. Permasalahannya adalah semua persiapan itu pasti membutuhkan biaya. Lantas bagaimana bila tidak ada anggaran biaya yang bisa kita pakai untuk kegiatan itu? Apakah kita masih harus terus ngotot dan berusaha dengan segala cara?
Kesuksesan pelayanan seringkali dihubungkan dengan adanya sumber dana yang cukup untuk pembiayaan pelayanan itu. Hal ini tentu tidak salah, walau juga tidak 100 % benar. Namun sebenarnya persoalan biaya itu bukanlah yang terpenting. Justru yang terpenting adalah kesediaan diri kita untuk memberikan totalitas pelayanan tersebut. Betapapun biaya yang tersedia, tanpa totalitas dan kesungguhan tidak akan mencapai kesempurnaan pelayanan.
Sebaliknya, dengan memiliki totalitas dalam mengerjakan sebuah pelayanan, maka apapun hambatannya akan dapat teratasi. Sekalipun hambatan itu adalah ketersediaan biaya. Ada banyak cara yang dapat diupayakan untuk melakukan penggalian dana, apabila kita bersungguh-sungguh dalam menata dan mengelola kegiatan pelayanan tersebut.
Prinsip utama adalah memberikan diri (tubuh) kita secara total. Sambil mengingat bahwa hal ini sebenarnya adalah wujud rasa syukur kita atas kasih Tuhan yang telah menyelamatkan kita dari kuasa dosa. Dia telah membayar kita secara lunas. Rasa syukur terbaik adalah memberikan diri kita secara total untuk kemuliaanNya. Percayalah, bahwa Dia mencintai kita dengan segala kekurangan yang kita miliki. Dengan segala kekurangan yang ada, kita tetap dapat memuliakan Dia dengan memberikan diri secara total untuk melayaniNya. [Oka]
Totalitas adalah kunci sukses pelayanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar