Rabu, 17 September 2014

Dasar-Dasar Persekutuan



Bacaan : Efesus 4 : 1 – 13  |   Pujian : KJ 178
Nats: “…satu tubuh dan satu roh sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung di dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.” [ayat 4 - 6]

Dalam menjadi anggota masyarakat, semua orang berkewajiban untuk hidup sesuai dengan yang dikehendaki oleh masyarakat yang bersangkutan. Jika ia gagal menjalani kewajibannya, menyalahi tujuan, maka ia kehilangan kepercayaan dari masyarakat tersebut. Demikian juga bagi orang yang dipanggil Tuhan untuk melaksanakan tugas kewajiban yang diberikan sebagai mitra kerja Allah, tentunya jangan sampai gagal dan mengecewakan Tuhan.
Dalam bacaan kita hari ini, Rasul Paulus menasehatkan bagaimana seyogyanya hidup orang yang dipanggil menjadi orang Kristen, sebagai pengikut Kristus yang bersekutu di gereja Kristus. Adapun perilaku yang harus dimiliki ialah memiliki kerendahan hati, lemah lembut, sabar, dan kasih untuk saling menolong. Di samping itu orang yang dipanggil berkewajiban untuk memelihara kesatuan roh dalam damai sejahtera, satu tubuh, satu pengharapan, satu iman dan satu baptisan. Satu Allah Bapa yang di atas semua, oleh semua dan di dalam semua, yang merupakan dasar-dasar persekutuan di dalam Kristus.
Tuhan Yesus berada di atas semua artinya bahwa Dia menjadi dasar dan pusat pertumbuhan gereja. Nasehat Paulus ini merupakan dasar bagaimana hidup bergereja, membangun kesatuan pelayanan dalam persekutuan dalam rangka membangun tubuh  Kristus. Dengan karunia talenta yang kita miliki maka kita dipanggil untuk berperan dengan benar dan baik dalam pelayanan dan pertumbuhan gerejaNya.
Kita semua diharapkan mencapai persekutuan yang utuh, semakin kuat, sempurna dan menjadi teladan kehidupan. Apakah kita sudah siap untuk melaksanakan tugas panggilan pelayanan sebagaimana dinasehatkan oleh Rasul Paulus? Yakinlah Roh Kudus akan melengkapi kemampuan kita dan memberi pertolongan yang luar biasa. [Sri]
“Persekutuan adalah wahana untuk meningkatkan iman kita.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar