Selasa, 27 Januari 2015

Berdoa Yes! Bekerja Juga Yes !



Bacaan: Markus 11:12-26    |   Nyanyian: KJ 379
Nats: “Apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.” (ay. 24)

Dalam sebuah film yang berjudul “Facing The Giant”, pada suatu babak, diceritakan tentang percakapan antara seorang pendoa dan seorang pelatih olah raga di sebuah SMU Kristen di Amerika. Sang pelatih merasa heran dengan sikap sang pendoa yang dengan setia mendoakan sekolah itu serta murid-muridnya. Meski sekolah tersebut adalah sekolah kristen, tetapi tampaknya nilai-nilai kekristenan telah mulai memudar.
Sang pelatih menanyakan apa yang didoakan oleh sang pendoa. Namun yang lebih menarik lagi adalah ia menanyakan kenapa sang pendoa merasa yakin bahwa doanya akan dikabulkan? Rupanya sang pelatih menanyakan hal tersebut karena ia sendiri sedang berada dalam masalah keluarga dan karir, sepertinya ia sendiri kurang yakin dengan saran sang pendoa untuk senantiasa meminta jalan keluar melalui doa kepada Allah.
Namun dengan rendah hati sang pendoa menjawab dengan sebuah ilustrasi, bahwa ada dua orang yang sama-sama berdoa kepada Allah untuk diberikan hujan. Yang seorang senantiasa berdoa agar diberikan hujan. Sementara yang seorang lagi selain berdoa, ia berusaha menggarap sawah/ladangnya seolah-olah yakin bahwa doanya akan dikabulkan. Di akhir ilustrasi, sang pelatih mendapat pertanyaan yang mengejutkan: “Siapakah di antara keduanya yang akan dikabulkan doanya?”
Seandainya pertanyaan tersebut ditanyakan kepada kita, apa kira-kira jawaban kita? Bingung? Mungkin kita bisa membandingkan dengan jawaban sang pelatih. Dengan mantap ia menjawab bahwa orang kedualah yang akan dijawab doanya.
Mungkin kita bertanya-tanya: ”Kenapa bisa begitu?” Jawabannya sederhana saja, keduanya memang memiliki iman, namun orang yang kedua memiliki iman yang lebih besar. Ketika memohon dalam doanya, dia tidak berhenti sampai di situ saja. Lebih dari itu, ia juga mengupayakan sawah/ ladangnya seolah-olah ia telah menerima jawaban langsung dari Allah. Bagaimana dengan anda? [DK]
“Ora et Labora, Ndedonga lan Makarya.” http://www.gkjw.web.id/berdoa-yes-bekerja-juga-yes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar