Rabu, 11 April 2012

Bermata Tapi Tak Melihat


Bacaan : Lukas 24:13-35
Nats       : “… Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia…” (ayat 16)
KJ            : 357:1
Bermata tapi tak melihat
Bertelinga tapi tak mendengar
Berhati namun tak merasa
Bermulut tapi tak menyapa
Begitulah bunyi lirik lagu Bimbo yang berjudul “bermata tapi tak melihat”. Dalam kata lain bisa diartikan BUTA. Lagu diatas menceritakan bagaimana situasi kehidupan manusia terkini yang sebenarnya memiliki mata, namun seakan-akan tak tahu kebenaran. Situasi yang penuh kemunafikan dapat menjadikan mata seseorang tertutup bila melihat kebenaran. Apalagi jika ada cerita yang tak memiliki fakta, timbulah opini yang berujung pada sebuah GOSIP.
Murid Kristus pun pernah tertutup matanya. Akibat mereka membuka telinga terlalu lebar dan menutup hati. Mereka tak percaya bahwa Yesus telah bangkit dan menang atas kuasa maut. Para murid yang sebelumnya pernah menerima nubuat tentang kemenangan Anak Manusia atas kuasa maut, menjadi lupa akibat hiruk pikuk gossip yang tak menentu. Ketika Yesus membuka mata serta hati mereka, saat itulah kesadaran akan kuasa Tuhan atas maut baru disadari.
Mata kita pun sering tertutup oleh hal-hal yang bersifat duniawi. Kemapanan dan pola hidup yang serbainstan (cepat dan mudah) terkadang membuat hati kita tak peka lagi, membuat mulut kita terkunci rapat untuk menyuarakan kebenaran. Terkadang kita dikalahkan oleh situasi carut marut kehidupan yang penuh ketidakpastian. Apabila itu terjadi, saatnya kita merenung untuk mencari Tuhan, agar mata, hati, telinga dan mulut kita dibukakan untuk kebenaran yang sejati. [Oka]
“Bukalah mata dan telinga. Kuatkan hati untuk membuka mulut, menyuarakan kebenaran sejati“
Sumber tulisan : gkjw.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar