Rabu, 17 April 2013

Iman Mengalahkan Dunia


Bacaan : 1 Yohanes 5 : 1 – 8     
Pujian : 
KJ 388
Nats : “Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah”
Apabila berbicara tentang dunia maka kita akan mendapat gambaran kehidupan yang penuh dosa, kekejaman, kejahatan, kemunafikan yang semakin berkembang saat ini. Pementingan diri sendiri dan kebencian terhadap yang lain begitu menguasai banyak orang di dunia ini. Sehingga, terjadi penderitaan dan bentrokan dan kerusuhan di banyak tempat.
Dalam situasi yang memprihatinkan tersebut maka diperlukan pengendalian diri, penyangkalan diri yang dilandasi iman yang kuat di dalam Yesus Kristus sebagai Anak Allah guna melawan dunia tersebut.
Anak Allah mempunyai implikasi adanya kesamaan antara Yesus dengan Allah, Yesus datang dari Allah, dari surga, dari kekekalan, Yesus mengatakan “Sebab Aku telah turun dari surga bukan untuk melakukan kehendakKu tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku”. (Yoh 6 : 38)
Apabila kita percaya dan menerima-Nya, maka kepuasan yang baru akan masuk kedalam hidup kita, ada rasa damai. Disamping itu kita akan selamat walaupun kita hidup di dunia yang keadaanya berbeda, penuh tantangan dan kerawanan.
Semua yang lahir dari Allah akan dapat mengalahkan dunia. Dan kemenangan yang mengalahkan dunia adalah iman kita. Iman diwujudkan dengan kesetiaan, ketaatan kepada Anak Allah dan melaksanakan kehendakNya.
Bagaimana dengan kita, apakah sudah percaya dengan sepenuh hati bahwa Yesus adalah anak Allah? Sebagai orang Kristiani dan anak-anak Allah,mestinya kita mampu menyadari bahwa Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam anakNya yaitu Yesus Kristus.
Dengan meneladani, taat, setia dan percaya sepenuhnya akan keberadaan-Nya maka iman kita akan bertambah terus dan kita akan mampu menjadi pemenang dalam mengalahkan dunia ini. Amin. [Sri]
“Mengalahkan dunia ini dimulai dari mengalahkan nafsu dan keinginan diri yang merusak”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar