Rabu, 19 November 2014

Tantangan Bukanlah Halangan



Bacaan : Lukas 19 : 1 – 10  |  Nats : Ayat 3  |  Pujian: KJ 251
Menteri negara BUMN Indonesia, Dahlan Iskan pernah menulis dalam sebuah koran terbitan nasional tentang bagaimana mengatasi permasalahan yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Intinya kita harus melakukan sebuah kebiasaan baru, yakni kerja, kerja, kerja dan berhenti mengeluh. Sebuah pola hidup baru yang positif untuk menciptakan kehidupan berbangsa yang lebih baik.
Kehidupan di abad millennium ini begitu keras dan penuh tantangan. Untuk mendapatkan kehidupan yang layak diperlukan usaha yang teguh, ulet dan pantang menyerah. Jerih payah dan lelah itu dibutuhkan untuk dapat menikmati hidup. Bagi beberapa orang, kesulitan yang dihadapi adalah halangan untuk mencapai sukses. Tapi bagi orang yang bersikap dan berpikir positif, tidak ada yang namanya halangan. Hanya tantangan yang perlu ditaklukkan untuk maju dan menang.
Zakeus adalah pribadi yang memiliki kekurangan. Tubuhnya yang pendek membuat dia sulit bersaing mendapatkan tempat terdepan ketika dia berada di kerumunan orang banyak. Tambah lagi jati dirinya sebagai pemungut cukai yang tidak disukai lingkungannya. Tapi dia tak mau menyerah. Demi menemui Yesus, dia berupaya dengan segala daya yang dia miliki. Dia berjerih lelah, memanjat sebuah pohon ara untuk berjumpa Yesus. Keberadaan Zakeus dengan keterbatasan dan kegigihannya membuat Yesus tertarik. Yesus menyediakan diri untuk bertemu secara pribadi, tinggal di dalam rumah Zakeus.
Pertemuan yang indah itu tentulah sebuah berkat tersendiri bagi zakeus. Kegigihannya dalam mengatasi kekurangan yang dia miliki, ditambah dengan jerih lelahnya, membuat dia menikmati berkat Tuhan. Seperti itulah cara hebat untuk mendapatkan berkat Tuhan, yakni berjuang, berupaya dan berjerih lelah. Bukan dengan gaya pasif, mengeluh lalu hanya menjerit dalam Doa. Ora et Labora, berdoa dan bekerja. Berdoa dengan sungguh-sungguh disertai ketulusan dan bekerja, berjerih lelah dengan sungguh-sungguh adalah dua kombinasi hebat untuk mengatasi tantangan kehidupan. [Oka]
“Ora et labora, resep sukses kehidupan Kristen modern.”
http://www.gkjw.web.id/tantangan-bukanlah-halangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar