Rabu, 03 Desember 2014

Kesederhanaan dan Kejujuran



Bacaan : Matius 4 : 18 – 22  |  Pujian: KJ 376
Nats: “Mari ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” [ayat 19]
Sebelum pemilihan presiden tanggal 9 Juli 2014 yang lalu, sering kita lihat di TV wawancara tentang karakter pemimpin yang akan dipilih. Mayoritas mereka menjawab yang diinginkan sosok yang sederhana, jujur, pekerja keras dan merakyat. Ternyata karakter ini sama dengan karakter orang-orang yang dipilih Yesus untuk menjadi pengikut-pengikutNya, yang pertama yaitu Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes.
Bacaan kita menggambarkan mereka yang dipilih Yesus, yaitu nelayan sebagai rakyat biasa yang karakternya sederhana dan jujur. Mereka bukan rohaniawan, bukan intelektual, bukan orang kaya. Biasanya orang menganggap mereka rendah, remeh, tidak diperhatikan dan dipinggirkan. Yang mereka kerjakan pada waktu Yesus memanggil adalah menangkap ikan dan menambal jala. Panggilan Allah itu sewaktu-waktu, kapan saja, di mana saja, menurut kehendakNya. Ajakan Yesus “Mari ikutlah Aku” suatu ajakan yang cukup akrab, berwibawa dan lembut. Ini menimbulkan kekaguman, ketaatan dan kesetiaan mereka yang mendengar untuk tanpa komentar langsung mengikutNya dan meninggalkan semua miliknya.
Pada saat itu Yesus menawarkan tugas kepada murid pertamaNya untuk melayani. Pelayanan ini menuntut pengorbanan untuk mencapai kemenangan bagiNya dan bagi sesama. Dengan kuasa Ilahi Yesus memanggil murid-muridNya yang pertama dan dengan kuasa Ilahi menyanggupkan mereka untuk menjadi berkat bagi orang lain.
Tuhan Yesus juga memanggil kita dengan cara serupa “Mari ikutlah Aku” untuk melayani Tuhan dan sesama dalam lingkungan keluarga, pekerjaan, gereja dan juga masyarakat. Dalam kondisi kesederhanaan dan kekurangan kita, kuasa IlahiNya pasti akan menyanggupkan dan memampukan kita melaksanakan tugas mulia sebagai mitra kerja Allah untuk melawan kejahatan, ketidak jujuran, ketidak adilan yang saat ini sedang merajalela di negara kita. Mari kita siapkan hati kita dan kita bulatkan tekat dan semangat untuk menyambut dan melaksanakan panggilan mulia Tuhan Yesus. [Sri]
Tuhan Yesus, jadikan aku alatMu untuk membawa orang kepadaMu!
http://www.gkjw.web.id/kesederhanaan-dan-kejujuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar