Senin, 11 Juni 2012

Panggilan Pekerjaan


Bacaan :  Matius 10: 7-13
Pujian : KJ 367
Sering kita saksikan di media masa atau di televisi, kalau ada lowongan pekerjaan yang menjanjikan, maka para pencari pekerjaan berbondong-bondong mendaftarkan diri. Apabila sudah ada panggilan dan panggilan itu adalah suatu pekerjaan yang ditunggu-tunggu, dengan gaji yang cocok dan bagus, tentu sangat menggembirakan. Tetapi kalau ternyata pekerjaan itu tidak cocok, gaji hanya sedikit dan pekerjaan tidak sesuai dengan ilmu yang didapat, tentu semua pekerjaan jadi berat, sehingga ogah-ogahan dan bisa-bisa keluar dari pekerjaan itu.
Bacaan kita menceritakan bagaimana Tuhan Yesus mengutus kedua belas rasul untuk memberitakan hal Kerajaan Sorga sudah dekat. Di sini Tuhan Yesus memberikan resep untuk menjalankan  pekerjaan itu. Adapun resep itu adalah:
1.     Jangan membawa emas, perak atau tembaga. Artinya dalam melayani Tuhan yang menjadi dasar bukanlah kekayaan, tetapi bergantung  kepada Tuhan Yesus sendiri.
2.     Mempunyai tekad bulat untuk melayani Tuhan dan tidak takut beban yang akan datang. Artinya tidak mudah putus asa dan tidak gampang menyerah.
3.     Mengabdi tanpa pamrih, meninggalkan ambisi dan bersatu untuk berkarya bagi sesama.
4.     Mewujudkan syalom bagi semua ciptaan Tuhan.
5.     Tanggung jawab kepada sesama domba-domba milik Tuhan.
Artinya bukan hanya mengharapkan lebih banyak orang menerima Tuhan, tetapi juga memelihara kekuatan iman mereka yang telah menerima Kristus.
Menyadari status sebagai utusan Tuhan, kita perlu juga menyadari bahwa kita tidak bekerja sendirian. Di satu sisi kita diberi tugas dan tanggung jawab, tetapi di sisi lain kita ditopang, dimotivasi dan dilengkapi serta ditempatkan dalam jaringan pekerjaan Tuhan sendiri. [DW]
“Semua pekerjaan akan menyenangkan, jika kita menyadari Tuhan selalu bersama kita.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar