Kamis, 21 Juni 2012

Secukupnya Saja !


Bacaan  :  Matius 6:7-15
Pujian KJ 393
Nats: “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya” (ayat9)
Di sebua pesta jamuan makan malam, banyak orang yang datang dengan pakaian rapi, mewah dan terhormat. Namun saat diamati pola makannya, ternyata ada beberapa yang cara menyantap hidangan tidak se-terhormat pakaian yang digunakan. Satu piring saja bisa diisi penuh dengan banyak jenis makanan. Semuanya ingin dimakan, semua menu diambil seolah belum makan selama beberapa hari. Ternyata, banyak piring kotor yang masih berisi sisa makanan. Bahkan ada daging-daging utuh yang  tak tersentuh tetapi sudah berada di tumpukan piring kotor.
Cermin sederhana tentang keserakahan manusia. Itulah sebabnya Tuhan Yesus mengajarkan sebuah doa: berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang SECUKUPNYA. Mengapa Tuhan Yesus tidak menggunakan kata: Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang SEBANYAK-BANYAKNYA? Karena keserakahan hanya akan menimbulkan kesia-siaan. Betapa tidak, makanan jika terlalu banyak maka akan terbuang sia-sia. Masak sayur terlalu banyak meskipun sudah beberapa hari dihangatkan dan menjadi blendrang, pada akhirnya akan dibuang ke sampah jika seisi rumah sudah bosan dengan menu itu.
Demikian juga dengan cara kita berdoa, Tuhan Yesus tidak menghendaki doa dengan terlalu banyak kata atau bertele-tele (ayat 7). Cukuplah doa itu dikatakan secara lugas tetapi penuh hormat dan kesungguhan hati. Bukan kata sebanyak-banyaknya yang menentukan doa kita terkabul atau tidak. Tetapi kata-kata yang secukupnya namun penuh kesungguhan yang berkenan bagi Allah. [RH]
“Semua hal yang berlebihan tidak selalu membuahkan kebaikan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar