Selasa, 05 Juni 2012

Wajib Itu Harus !


Bacaan :  Markus 12: 13-17
Pujian KJ 422:1
Nats: “… Berikan kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan Kepada Allah! …” (ayat 17)
“Kenapa aku harus berdoa sebelum makan?”
“Kenapa setelah mandi aku harus menjemur handukku?”,
“Kenapa aku harus bilang terimakasih?”,
Tanya seorang anak berumur 5 tahun kepada ibunya.
Mengenalkan kedisiplinan kepada anak-anak bukanlah hal yang mudah. Banyak pertanyaan yang muncul ketika sebuah aturan diberlakukan kepada anak-anak untuk mereka kerjakan. Ternyata, bukan hanya anak-anak yang mempertanyakan sebuah peraturan yang harus mereka kerjakan. Orang-orang Farisi dan Herodian dalam Markus 12 yang kita baca hari ini, juga mempertanyakan kepada Tuhan Yesus kewajiban yang harus mereka kerjakan. Ini adalah sebuah gambaran sederhana bahwa manusia pada dasarnya ingin menghindari sebuah kewajiban yang harus ia kerjakan. Hari Senin, menjadi hari yang menyebalkan untuk beberapa pekerja dan anak-anak sekolah. Karena setelah menikmati libur di hari Minggu, ada perasaan enggan dan malas menjalankan kewajibannya lagi di hari Senin.
Tetapi Tuhan Yesus mengingatkan kepada kita untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. “… Berikan kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah! …”  adalah bagian dari peringatan Tuhan Yesus bahwa kewajiban kita sebagai manusia haruslah kita kerjakan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab kita masing-masing. [RH]
“Kewajiban adalah kepercayaan yang harus kita kerjakan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar