Selasa, 15 Mei 2012

Penolong Yang Lain


Bacaan    : Yohanes 16:5-11
Pujian : KJ 237:1-3
Nats: “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman”.
Ketika seorang ibu hendak melahirkan buah hatinya dengan cara operasi Caesar, ada tiga dokter spesialis yang menanganinya; dokter spesialis pembiusan, dokter spesialis bedah, dan dokter spesialis anak. Mereka bekerja bergantian sesuai dengan porsinya untuk menolong proses persalinan. Saat dokter spesialis bius belum selesai melakukan tugasnya, maka dokter spesialis bedah belum bisa mulai bekerja. Demikian juga sebelum dokter bedah berhasil mengeluarkan bayi dari rahim ibu, maka dokter spesialis anak tidak bisa melakukan tugasnya memeriksa dan merawat bayi yang baru lahir.
Dalam perikop ini, Tuhan Yesus hampir menyelesaikan tugas-Nya dan segera pergi dari dunia, sehingga “Penolong yang lain” bisa memulai bekerja setelah kepergian-Nya. Para murid menjadi sangat sedih saat Tuhan Yesus memberitahu rencana kepergian-Nya itu. Tetapi Tuhan berkata bahwa itulah yang terbaik bagi mereka. Jika Ia tidak pergi, Roh Penghiburan tidak akan turun atas mereka.
Dengan kuasa-Nya, Tuhan Yesus mengirimkan Roh Penolong bagi para murid dan juga kita, supaya kita bisa menjalani kehidupan ini sesuai degan kehendak Allah Bapa. Saat Roh Kudus datang, Ia akan mengetuk hati kita yang berdosa. Dengan kelembutanNya, Ia mengajak kita memperbarui setiap kehidupan kita untuk menjadi lebih baik. Segala kesulitan dan hambatan kita dalam mengerjakan kehidupan ini akan ditolong oleh kuasa kasih Kristus yang senantiasa membersamai kita.[Gih]
“Roh Allah menolong kita melakukan kasih dan kebenaran-Nya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar